Tips Mengatasi Kamera Handphone yang Buram

Tips Mengatasi Kamera Handphone yang Buram

Saat ini, hampir semua handphone dilengkapi dengan kamera yang telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Di era yang serba digital ini, menangkap momen dengan kamera handphone adalah hal yang telah menjadi sebuah kebiasaan. Tentunya, momen-momen berharga ini tidak bisa diulang dan wajib untuk diabadikan.

Semakin hari, perkembangan kamera handphone pun semakin menarik. Bahkan beberpaa handphone menawarkan kamera dengan kualitas 20 megapixel. Sudah setara dengan kamera digital.

Namun pernahkah mengalami mendapatkan hasil jepretan yang kurang prima. Hasilnya buram dan tidak fokus seperti biasanya. Kenapa bisa begitu? Apa penyebabnya? Dan bagaimana solusinya?

  1. Lapisan Penutus Lensa Tergores

Hasil jepretan kamera kurang baik, salah satu faktornya disebabkan oleh lapisan penutup lensa yang mengalami goresan. Lapisan ini memang tipis dan seperti tidak ada, namun jika dilihat lebih teliti lapisan ini memungkinkan untuk mengurangi kualitas kamera.
Sebaiknya pada saat handphone dalam keadaan baru, dilindungi dengan silikon atau anti gores. Namun, apabila sudah tergores cara mudahnya ada dengan membersihkannya secara perlahan menggunakan pasta gigi putih. Cara ini efektif untuk mengurangi goresan halus pada permukaan lapisan penutup lensa ini.

2. Terdapat Debu yang Menempel Pada Lensa

Dalam jangka waktu tertentu, faktor pemakaian dan peletakkan handphone di tempat-tempat tertentu membuat debu dapat masuk ke bagian lensa kamera. Biasanya debu menempel pada lensa bagian dalam. Untuk membersihkannya adalah dengan cara membuka casing penutup bagian belakang, dan lakukan pembersihan secara perlahan menggunakan lap halus dan sedikit kayu putih. Dengan begitu, debu-debu akan bersih dan lensa kamera menjadi lebih optimal kembali. Namun janan lakukan langkah ini jika kamu tidak yakin bisa dalam membuka dan menutup kembali casing belakang handphone kamu yaa.

3. Lensa Berembun

Seringkah kamu membawa handphone ke kamar mandi? Untuk sekedar browsing atau scrolling social media? Jika yaa, mungkin saja kamera handphone kamu berembun sehingga hasil jepretan kamera menjadi buram. Solusinya adalah dengan mematikan handphone kamu lalu melepas baterai dan lakukan penstabilan suhu handphone kamu dengan cara dikeringkan menggunakan hairdryer dengan panas rendah. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar handphone tetap pada suhu yang normal dan embun dapat hilang dari kamera handphone kamu.

Jika setelah lakukan langkah-langkah diatas kamera handphone kamu masih saja buram, sebaiknya perlu dilakukan pengecekan agar dapat diambil kesimpulan apakah kamera handphone kamu harus diganti atau tidak.

Kamera handphone kamu buram atau bergaris? Perlu ditangani oleh teknisi berpengalaman? Info lebih lanjut hubungi customer service melalui Whatsapp 085773866666 atau telepon ke 150606

Close Menu
×

Cart